Tips Mudah Meningkatkan Akurasi GPS Pada Android

geotip.net – Bagi anda yang biasa menggunakan bantuan GPS ketika berkendara, tentu sangat menyebalkan ketika menentukan lokasi tujuan namun pada maps memberikan hasil yang tidak sesuai. Selain resiko kesasar, tentu hal ini akan membuat perjalanan menjadi tidak efisien dan cepat. Hal seperti ini umumnya disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah kurang akuratnya GPS pada android anda.

Setidaknya ada dua penyebab yang membuat akurasi pada androiid menurun, yakni permasalahan pada firmware dan juga pengaturan bawaan pabrik yang tidak sesuai.

  1. Permasalahan firmware

Firmware pada android bisa jadi penyebab masalah akurasi pada GPS anda, bahkan bisa jadi masalah firmware ini menyebabkan GPS sama sekali tak bisa diaktifkan. Hal ini sudah biasa terjadi pada semua jenis android, maka dari itu sangat penting melakukan update IS secara optimal untuk memastikan android dalam keadaan terbaru.

Pasalnya bila firmware pada android tersebut mengalami bug, para pengembang akan segera mencarikan jalan keluarnya. Maka dari itu sangat penting melakukan upgrade frimeware, atau melakukan pembaharuan. Tentunya bila firmware selalu dalam kondisi optimal, maka kemungkinan terjadinya miss pada penetapan lokasi GPS menjadi kecil.

Namun bila anda sudah melakukan update frimware namun akurasi GPS masih bermasalah, bisa jadi penyebabnya muncul dari pengaturan bawaan pabrik.

  1. Permasalahan pengaturan bawaan pabrik

Pengaturan ini merupakan pengaturan standar ketika android baru saja keluar dari toko, dimana pengaturan ini umumnya menggunakan fitur GPS yang hemat baterai. Tujuannya tak lain agar baterai yang digunakan tetap awet, meskipun fitur GPS yang digunakan tetap menyala dan terus dalam keadaan aktif.

Baca juga : Cara Melacak Nomor Menggunakan GPS

Apabila anda menginginkan akurasi yang tinggi pada android anda, maka anda perlu mengubah akurasi bawaan pabrik menjadi mode akurasi tinggi. Namun dengan merubah akurasi ini, anda harus siap menerima resikonya berupa konsumsi baterai yang lebih tinggi.

Untuk mengaktifkannya, anda perlu pergi ke menu setting dan mencari menu lokasi. Ketika anda masuk ke menu lokasi ini, carilah pengaturan lokasi dan pilih rubah mode lokasi menajdi akurasi tinggi. Ketika akurasi tinggi ini aktif, anda bisa menemukan lokasi melalui google maps dengan akurat dan tidak salah-salah seperti sebelumnya.

Meskipun anda dalam keadaan non aktif atau dalam mode pesawat, ketika anda membuka GPS maka koordinat yang ditampilkan tetap sesuai dan akurat.

Karena akurasi tinggi ini bedampak kepada konsumsi baterai yang tinggi pula, kami menyarankan agar anda bisa menggunakan mode ini ketika dibutuhkan saja. Sehingga baterai android anda tak kunjung habis, anda tetap bisa menggunakan di mode standar meskipun akurasinya rendah.

Demikian artikel mengenai permasalahan akurasi GPS dan cara penanganannya, semoga membantu dan trimakasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas.